Contact Ulcers

Pengertian Contact Ulcers

Yang dimaksudkan Contact Ulcers adalah luka atau koreng yang terasa sangat nyeri pada selaput lendir yang membungkus kartilago atau tulang rawan tempat melekatnya pita suara penderita.

Penyebab Contact Ulcers

Penyebab terjadinya Contact ulcers sangat beragam. Contact ulcers juga bisa disebabkan oleh rokok, batuk yang menahun, dan aliran balik asam dari lambung atau refluks asam lambung. Penyebab Contact ulcers biasanya disebakan oleh penyalahgunaan suara seperti berbicara sekuat tenaga dan tak pernah berhenti. Luka ini sering ditemukan pada penceramah pendeta, mubalig, sales representative dan pengacara.

Gejala Contact Ulcers

Gejala yang timbul sebelum penderita mengalami Contact Ulcers adalah berupa nyeri ringan ketika penderita berbicara atau menelan dan suara serak.

Diagnosa Contact Ulcers

Mendiagnosa penderita Contact ulcers harus ditegakkan berdasarkan gejala-gejala dan faktor penyebab terjadinya Contact ulcers. Untuk memastikan bahwa bukan merupakan keganasan, dilakukan pengambilan jaringan untuk diperiksa secara mikroskopis.

Cara Mengobati Contact Ulcers

Cara mengobati penderita Contact ulcers bervariasi. Pengobatan yang dilakukan pada penderita Contact ulcers adalah penderita diharuskan istirahat berbicara atau berbicara seperlunya, minimal selama enam minggu. Untuk menghindari kekambuhan, penderita harus mengetahui batas-batas suaranya dan belajar menyesuaikan suaranya. Bisa dilakukan terapi suara. Jika hasil rontgen menunjukkan adanya refluks asam lambung, diberikan antasid atau obat anti-ulkus (misalnya penghambat histamin) dan penderita tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.

Share This: